Shilah Isim Maushul Berupa Jumlah Khobariyah

 


LATAR BELAKANG

 
Diantara syarat-syarat untuk menjadi صلة الموصول harus terdiri dari جمله خبرية  menurut pendapat selain Imam Kisa’i.


Pertanyaan :
1.    Mengapa صلة الموصول tidak boleh terdiri dari جمله طلبية  dan  جملة انشائية ?
2.    Apa alasan Imam Kisa’i memperbolehkan صلة الموصول bisa terdiri  dari جملة طلبية  dan جملة انشائية ?
Jawaban :
1.    Karena kandungan (مضمون) جملة طلبية  dan جملة انشائية tersebut belum diketahui atau tergambar oleh Mukhatab, kecuali dengan mengutarakan Shighat-nya yang khas. Sedangkan syarat kandungan صلة الموصول harus diketahui atau tergambar bagi Mukhatab sebelum diucapkan oleh Mutakallim.
2.    Alasan Imam Kisa’I didasarkan pada سماعى  (pendengaran dari orang Arab) dengan mengajukan pembuktian  (استشهاد ) dalam kalam Arab.

 BACA JUGA : Pengertian murokkab dan tarkib isnadi
Catatan
Maksud jawaban pada point 1, sebagaimana contoh  جَاءَ اَّلَذِيْ أَكْرَمْتُهُ dan  جَاءَ اَّلذِيْ أَكْرَمَهُ. dalam contoh yang pertama sebelum mutakallim mengatakan, mukhatab sudah mengetahui atau mampu menggambarkan terlebih dahulu tentang hukum (penghormatan) yang diberikan kepada الذي (pihak ketiga). Lain halnya dengan contoh kedua dimana Mukhatab baru bisa mengetahui atau mampu menggambarkan tentang hukum (penghormatan) yang diberikan kepada الذي  (pihak ketiga) tersebut setelah mutakallim mengutarakan kalimat yang berbentuk perintah. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa جملة طلبية  dan  جملة انشائية hanya menerangkan suatu pengertian di luar Isiam Maushul. 

BACA JUGA : Lafadz ال
Refrensi :
1.    Ibnu Hamdun, Juz I, H : 66.
2.    Hasyiatu al Shabban, Juz I, H : 163
3.    Hasyiatu al Kawakibu al Durriyah, Juz I, H : 62.
4.    Qadhi al Qudhat, Juz I, H : 154
5.    Hamisyu Muqaddimati al Jurumiyah li al Makudi, H : 15.


وعبارته : وانما اشترط هذا الشرط لأن الموصول يتعرف بمضمون الصلة ومن شروط المضمون أن يكون المخاطب يعرف نفسه في الخارج لمعين والانشاء لا خارج له وإنما يوجد بالتلفظ بما بعده. اهــــ ابن حمدون، ج 1، ص 66

وعبارته : وذهب الكسائي الى انه يجوز أن تكون صلة الموصول جملة انشائية واستدل على ذلك بالسماع. اهــ قاضى القضاة، ج 1 ص 154

PPSD-Paciran-Lamongan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Shilah Isim Maushul Berupa Jumlah Khobariyah"

Post a Comment

hay Shobat Belajar Nahwu Santuy, Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. atau dapat request tema..