Nakirah Mahdhoh dan Ghoiru Mahdhoh

 
 


Nakirah/Ma’rifat Mahdhoh dan Ghoiru Mahdhoh

Sebagaimana kita maklumi bahwa isim nakirah dan isim ma’rifat ada yang mahdhoh (محضة) dan ada yang ghoiru mahdhoh (غير محضة). Lantas bagaimana pengertian dari mahdhoh dan ghoiru mahdhoh tersebut ?

Berikut penjelasannya

Nakirah مَحْضَةْ (murni) adalah isim yang tidak bercampur dengan bentuk تَخْصِيصْ (penyempitan makna) baik yang berupa sifat maupun idhofah. Adapun nakirah غَيْرُ مَحْضَةْ adalah sebaliknya nakirah مَحْضَةْ, yaitu isim yang bercampur dengan bentuk تَخْصِيصْ (penyempitan makna).
•    Contoh nakirah جَاءَ رَجُلٌ : مَحْضَةْ (Seorang laki-laki telah datang)

•   Contoh nakirah غَيْرُ مَحْضَةْ     yang bercampur dengan bentuk  تَخْصِيصْ (penyempitan makna) yang berupa sifat : جَاءَ رَجُلٌ جَمِيْلٌ (Seorang laki-laki yang tampan telah datang)
•   Contoh nakirah غَيْرُ مَحْضَةْ     yang bercampur dengan bentuk  تَخْصِيصْ (penyempitan makna) yang berupa idhofah : جَاءَ أَبُ عَمْروٍ (Ayahnya Amr telah datang)
Keterangan :
Maksudnya dari nakirah غَيْرُ مَحْضَةْ dan contohnya adalah makna keumuman asal yang dimiliki isim nakirah akan lebih spesifik atau mengerucut maknanya ketika di sifati atau di mudhofkan. 

 BACA JUGA :Tanda tanda kalimat isim versi imriti


Ma’rifat مَحْضَةْ (murni) adalah isim yang  tidak memberi kemungkinan akan pengertian umum, meskipun ada hubungan makna dalam lafadz yang dimaksud. Adapun ma’rifat غَيْرُمَحْضَةْ adalah isim yang sama dengan nakirah غَيْرُ مَحْضَةْ.
•    Contoh Ma’rifat مَحْضَةْ (murni) : جَاءَ فَيْرُوْزٌ (Mas Fairuz telah datang)
•    Contoh Ma’rifat ْجَاءَ أَبُ عَمْروٍ : غَيْرُ مَحْضَة (Ayahnya Amr telah datang)
Keterangan :
Maksud dan contoh dari Ma’rifat غَيْرُ مَحْضَةْ adalah lafadz yang nakirah (memiliki makna umum) menjadi makrifat disebabkan di idhofahkan pada lafadz lain sehingga memiliki makna yang lebih spesifik, maka disebut dengan Ma’rifat غَيْرُ مَحْضَةْ. 

BACA JUGA : Pembagian Al Ma'rifat 


وعبارته : والمراد بالنكرة المحضة  التي لم تشب بنوع تخصيص بوصف او اضافة وبالمعرفة المحضة التي لا تحتمل التنكير ولو باعتبار الشيوع ومثل الجملة المحتملة للوجهين الصفة والحال بعد النكرة غير المحضة قولك مررت برجل صالح يصلى- الى أن قال- لأنه قد قرب من المعرفة بتخصيصه بالصفة الأولى وهي صالح. اهــ


كفاية الأصحاب، صـ 18 

 

PPSD-PACIRAN-LAMONGAN


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nakirah Mahdhoh dan Ghoiru Mahdhoh"

Post a Comment

hay Shobat Belajar Nahwu Santuy, Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. atau dapat request tema..