Pentingnya Belajar Bahasa Arab



Sebagaimana disebutkan oleh “Ibnu Jani” bahasa adalah suara yang digunakan seseorang untuk menyampaikan pesan atau tujuan. Dan tidak dipungkiri bahwa penyampaian suara tentu memiliki macam macam bentuk yang berbeda di dunia, ada hikmah dibalik perbedaan tersebut sebagaimana disebutkan oleh Alah (Q.S. Al-rum 22.)
وَمِنْ آيَاتِهِ خَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافُ أَلْسِنَتِكُمْ وَأَلْوَانِكُمْ ۚإِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِلْعَالِمِينَ
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui".

Sudah menjadi kepastian bahwa setiap insan diamana mereka hidup mereka akan paham terhadap bahasa sendiri dan bahasa ayah serta ibunya sendiri, bahkan mereka tidak membutuhkan seorang guru untuk mengajarinya. Lantas bagaimana dengan bahasa orang lain ? pastinya tidak mungkin mempelajari bahasa orang lain degan sendirinya, justru dibutuhkan seorang guru yang bisa mengajarkan bahasa tersebut, mulai dari penulisan, susunan gramitikanya (nahwu-shorof) bahkan mengucapkannya. Sehingga mereka dapat mengaplikasinya dalam suatu susunan jumlah yang sempurna.
Imam Kisa'i berpesan : 
من تبحر في علم اهتدى به الى سائر العلوم
Barang siapa menguasai satu diaiplin ilmu,  maka ia akan mendapat petunjuk untuk mencapai ilmu-ilmu yang lain

Berangkat dari hal ini, penulis berharap seharusnya seorang lebih tertarik dan memperdalam bahasa arab, khususnya di bidang ilmu nahwu, karena ilmu nahwu merupakan bagian dari pondasi (pokok) untuk memahami literatur ilmu agama 

Semoga tulisan ini memberikan motivasi dan semangat untuk terus belajar dan mendapatkan keberkahan.




PPSD. Lamongan.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Belajar Bahasa Arab"

Post a Comment

hay Shobat Belajar Nahwu Santuy, Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. atau dapat request tema..